Penggunaan Gabion untuk Konstruksi

gabion

Penggunaan Gabion untuk Konstruksi

Nama bronjong bukan nama asing di dunia konstruksi. Gabion memiliki nama lain “Gabion”, susunan kawat yang fleksibel dibuat dalam bentuk heksagonal dan sangat kuat. Kawat anyaman terbuat dari baja ringan galvanis dengan lapisan tambahan jika perlu untuk meningkatkan kualitas bronjong.

Jenis besi dengan menenun bukan hanya bronjong, ada satu jenis besi yang umum untuk pemain casting, yaitu wiremesh, lebih dalam dapat dilihat pada halaman Spesifikasi untuk Wire Mesh dan Bondek untuk beton.

Penggunaan Gabion sangat umum, seperti di blok bangunan. Bisa juga digunakan untuk mempercantik eksterior rumah atau bangunan. Meskipun ada lebih banyak kegunaan untuk menahan batu atau tanah di tebing. baca: harga readymix murah.

Lebih khusus lagi, definisi dan spesifikasi Gabion akan dijelaskan dalam penjelasan di bawah ini:

Jenis, dan Spesifikasi Gabion

Dalam dunia konstruksi, Gabion memberikan banyak manfaat, seperti:

Konstruksi dinding penahan
Konstruksi bendungan
Konstruksi selokan
Mengapa memilih penggunaan Gabion dalam konstruksi? Rupanya, bronjong dengan anyaman baja galvanis memiliki banyak manfaat dalam konstruksi sampai pemilihan bahan ini tidak dapat rusak lagi di beberapa proyek pengembangan di atas. Berikut adalah beberapa alasan mengapa bronjong banyak digunakan:

Gabion fleksibel: tidak seperti jaring yang dilas, atau balok beton, kawat dari bronjong sangat fleksibel, bahkan menyesuaikan dengan permukaan tebing atau konstruksi yang sedang dibangun. Jadi, penggunaan Gabion dapat diterapkan pada hampir semua permukaan proyek yang akan diterapkan pada bronjong dalam murka.
Semua struktur pemasangan bronjong bersifat homogen. Dengan prosedur penjepitan (kabel) pastikan bahwa semua unit bertindak sebagai satu unit dan kokoh.
Properti gabion atau bergerigi permeabel. Tekanan air di pori-pori mudah dihilangkan melalui struktur
Gabion tahan lama. Dengan teknik membuat twist-ganda dan mesh galvanis Gabion dapat memiliki lapisan polimer yang membuatnya lebih kuat dan lebih tahan lama.
Gabion dapat dipasang secara vertikal dengan syarat pengisian dilakukan di lokasi atau lokasi.
Penggunaan Gabions lebih ekonomis. Secara umum, instalasi Gabion tidak memerlukan alat khusus (tang, bekesting sementara, alat kabel, dll.)
Gabion yang ramah lingkungan dimana vegetasi mudah dibentuk dan diciptakan kembali seperti lingkungan yang ada sebelumnya.
Seperti yang kita ketahui bahwa bronjong atau bronjong adalah struktur dinding yang menggunakan kawat dan juga batuan. Kekuatan kawat sangat berpengaruh pada kekuatan dinding ini, harus menggunakan baja berkualitas.

Baca juga penawaran konkret: harga Jayamix
Kata Gabion berasal dari bahasa Italia yang berarti kandang. Sangkar kawat anyaman ini kemudian diisi dengan batu dan diaplikasikan sebagai dinding penahan. Sementara di Indonesia sendiri, Gabion lebih akrab dengan istilah bronjong.

Untuk tipenya sendiri, Gabion memiliki beberapa hal yang perlu diketahui. Jenis ini didasarkan pada bahan pembuatan, yaitu berupa dua jenis kawat. Beberapa terbuat dari kawat baja dan ada pula yang dari PVC.

Gabion atau bronjong dari baja ringan galvanis memiliki keuntungan lebih karena kuat dan kokoh untuk menahan batuan yang berat.

Sementara bronjong dari PVC adalah jenis kawat semi-plastik, sehingga memiliki kekuatan yang cukup untuk menahan batu juga. Keunggulan dari jenis bronjong ini adalah pemilihan warna yang beragam dan beragam. Gabion dari PVC juga tahan karat dan tahan terhadap asam tinggi.

Baca juga informasi tentang penawaran Harga Ready Mix
Jadi, pilihan kawat PVC sekarang banyak pilihan selain kawat galvanis yang telah digunakan sebagai gabion dari masa lalu.

Manfaat Menggunakan Gabion

Manfaat menggunakan bronjong sangat luas. seperti yang dijelaskan di atas, bronjong digunakan untuk melindungi tebing dan bagian luar bangunan yang dapat memperindah tampilan lanskap. Tapi tidak hanya itu. Ternyata manfaat gabion sangat luas. Beberapa dari mereka akan disebutkan di bawah ini:

UNTUK MELINDUNGI SUNGAI SUNGAI DARI BAHAYA PEMOTONGAN TANAH

Di tepi sungai, penggunaan Gabion sangat menguntungkan. Air sungai yang terus mengalir melewati tepian sungai dapat menyebabkan penggerusan tanah membuat sungai melebar dan mengikis tepi-tepi tanah. Oleh karena itu, dibuat struktur bronjong atau oval yang dapat menangkal erosi. Baca: Harga Beton Cor

Struktur gabion cukup kuat dengan rongga-rongga yang dipenuhi tumpukan batu di dalamnya. Dengan demikian, air sungai akan mengenai bronjong dan tidak akan mencapai tepi sungai.

Dengan rongga yang ada dalam struktur gabus, vegeasi tertentu juga bisa hidup, tetapi tanaman dapat hidup bersama dengan paparan air sungai yang membuat rongga basah dan dapat ditanam oleh tanaman.

Terutama di tikungan aliran sungai, Gabion juga memiliki fungsi yang mendesak, sebagai pencegah erosi yang dapat berbahaya bagi tanah di sekitar sungai.

TAHAN LAHAN UNTUK TIDAK PANJANG

Fungsi dan manfaat menggunakan bronjong lain adalah untuk mengatasi tanah longsor di tanah di tebing. Untuk fungsi ini, bronjong disebut dinding penahan. Gabion dengan batu di dalamnya dapat menahan tanah berisiko longsor. baca: jasa sewa pompa murah 2019

Jenis dinding ini biasanya diaplikasikan ke tempat-tempat tertentu, seperti di jembatan atau gorong-gorong untuk menghindari tanah longsor yang bisa terjadi kapan saja karena beban yang terus mengenai tanah.

Penggunaan gabion atau bergerigi sangat umum digunakan dalam konstruksi. Saat ini, baik bronjong PVC dan baja galvanis semakin banyak ditemukan untuk semua kebutuhan konstruksi. Dengan kemampuannya untuk memusnahkan dan sifatnya yang fleksibel, bronjong masih dapat memaksimalkan konstruksi dinding tanpa mengelolanya.

Bagikan: