CARA MEMBUAT MUTU BETON UNTUK PENGADUKAN SECARA MANUAL

Ukuran Beton Manual untuk Pengecoran Skala Kecil

Beton sangat umum ditemukan sebagai salah satu elemen utama dalam konstruksi, baik skala besar maupun skala kecil. Bahan utama adalah dari agregat kasar, agregat halus, semen, dan air. Untuk kondisi tertentu, bahan kimia dapat ditambahkan saat dibutuhkan.

Komposisi pembuatan beton menggunakan manual ini adalah kelanjutan dari bahan sebelumnya yang membahas cara menghitung bahan untuk casting, sebagai bahan pertimbangan jika harga Jayamix tidak dapat dikirim ke lokasi Anda.

Selain membuat campuran beton secara manual, ada solusi lain yang bisa diambil, yaitu dengan menggunakan beton instan, jika Anda tertarik, Anda bisa melihatnya di halaman harga beton instan.

Untuk proyek skala besar, biasanya diperlukan jenis beton instan siap pakai yang disebut ready mix di mana beton segar dibuat di pabrik pengolahan beton yang disebut batching plant. Semua proses nyata menggunakan alat yang canggih. Tetapi untuk proyek skala kecil seperti memperbaiki pagar rumah, misalnya, Anda cukup membuat campuran beton sendiri dengan dosis beton manual proporsional.

Buat campuran beton Anda sendiri

Mekispun bukan pekerjaan sederhana, tetapi ada baiknya mencoba menyelesaikan pekerjaan untuk proyek skala kecil Anda. Tentu itu lebih hemat biaya dan tidak rumit dengan harus menyewa mesin pengaduk beton. Semua proses dapat dilakukan oleh Anda secara manual dan menghemat uang.

Pengukuran Beton Manual Sesuai Dengan Materi

Ada beberapa langkah yang harus diikuti jika Anda ingin membuat dosis beton manual atau konvensional tanpa menggunakan beton instan ready mix.

Langkah pertama adalah menentukan berapa banyak campuran beton yang dibutuhkan untuk proyek kecil Anda. Jika demikian, maka Anda harus menyiapkan beberapa bahan, yaitu:

  • Semen: pilih semen jenis Portland yang biasa digunakan untuk proses pengecoran. Semen ini adalah semen hidrolik yang digunakan untuk menempelkan agregat kasar dan halus untuk melebur menjadi campuran pasta semen.
  • Air: pilihan air ini harus menjadi yang terbaik, itu adalah air bersih yang digunakan untuk air minum. Ini untuk memastikan bahwa air tidak mengandung bahan organik yang dapat merusak campuran beton. Air ini akan bereaksi dengan semen pada dosis beton manual yang proporsi yang tepat. Fungsinya sebagai bahan pelumas antar agregat agar mudah diaduk. Jumlah air harus diperhitungkan, karena jika terlalu banyak akan membuat kekuatan beton menjadi rendah.
  • Agregat: terdiri dari agregat kasar atau kerikil dan agregat halus atau pasir. Agregat ini adalah mineral mineral yang memiliki fungsi sebagai pengisi campuran beton.

Penentuan Ukuran Beton Manual

Tanpa menggunakan campuran siap, Anda dapat membuat dosis beton Anda sendiri untuk hasil casting yang baik. Syaratnya adalah dengan memilih bahan-bahan di atas dengan cara terbaik dan berkualitas. Setelah itu, tentukan dosis yang tepat untuk setiap bahan.

Ini akan terlihat sederhana dan mudah, tetapi jika tidak hati-hati dalam melakukannya, hasil beton tidak akan maksimal dan menghasilkan kekuatan beton atau beton akan rusak dan retak lebih cepat. Lebih buruk lagi, beton yang tidak baik, proporsi campuran bahan akan mudah rapuh dan runtuh.

Pertama, Anda harus tahu jenis beton apa yang baik. Fitur beton yang baik dengan jumlah beton manual yang tepat adalah:

  • Beton yang kuat
  • Permukaannya halus dan rata
  • Datar dan tegak
  • Setelah pengerasan, beton tidak retak atau keropos

Untuk membuat maual beton berkualitas, maka lakukan pemberian dosis yang benar. Secara teknis, ini adalah jumlah beton manual yang tepat:

  • 11% terdiri dari semen Portland
  • 41% terdiri dari agregat pecah atau kasar
  • 26% terdiri dari agregat halus atau pasir kasar
  • 16% terdiri dari air

Bagi mereka yang ingin membuat campuran beton sendiri di rumah, mungkin sulit untuk menentukan persentase di atas. Ada cara yang lebih mudah untuk menentukan dosis yang tepat untuk beton cor. Baca Juga: Harga Sewa Pompa Beton terbaru 2019.

Langkah mudah adalah menentukan kapasitas campuran. Untuk kesederhanaan, sediakan satu potong semen sebagai referensi. Untuk satu wadah semen seberat 40kg, harus disiapkan wadah plastik 25 kg.

Untuk 1 sak semen, dosis beton manual yang harus disiapkan adalah:

  • 3 barel pecah atau agregat kasar
  • 4 barel pasir
  • 1,5 barel air bersi

Kemudian proses pencampuran dilakukan secara manual. Anda melakukan ini dengan menuangkan agregat kasar dan halus ke tempat pengadukan, bisa di tanah dilapisi dengan plastik.

Tuang agregat dan semen terlebih dahulu. Campur dengan baik. Jika demikian, buat kawah di tengah campuran. Kemudian air dimasukkan ke dalam dan mulai diaduk lagi sampai membentuk pasta beton yang dicampur merata. Anda juga dapat mencampurnya menggunakan mesin molen sewaan.

Kualitas beton pada tingkat beton manual akan memiliki kualitas yang baik K200 dan cocok untuk standar pengerjaan lantai dek beton. Usia beton yang matang adalah 21 hari dengan proporsi campuran bahan-bahan di atas.

Dari metode di atas, dapat diamati bahwa membuat beton secara manual cukup mudah, tanpa pengemasan yang rumit dan harus membayar biaya mahal untuk membeli ready mix. Yang perlu dipastikan adalah pemilihan bahan dan bahan berkualitas yang juga tidak bercampur dengan bahan lain. Yang kedua adalah menentukan proporsi campuran bahan dengan hati-hati. Jadi, membuat sendiri beton secara manual bukanlah hal yang sulit untuk dilakukan. Baca Juga Harga Beton Cor Murah 2019

Metode pembuatan gips dengan dosis beton campuran manual atau tidak siap di atas direkomendasikan untuk membuat proyek skala kecil di rumah. Untuk proyek skala besar, akan lebih baik jika Anda menggunakan ready mix karena akan lebih terjamin soal kualitas dan kuantitas adonan beton. Sekarang, produk ready mix bahkan lebih mudah ditemukan tanpa perlu ribet, yaitu melalui pemesanan online sesuai dengan kualitas dan kuantitas beton cor yang dibutuhkan.

Bagikan: